Jumat, 13 Agustus 2010

Georgi Plekhanov 1 Esai tentang Sejarah Materialisme




Kata pengantar

Dalam tiga esai saya mengajukan untuk penilaian oleh pembaca Jerman, saya telah berusaha untuk menafsirkan dan menjelaskan pemahaman materialis Karl Marx tentang sejarah, yang merupakan salah satu prestasi terbesar pemikiran teoretis abad kesembilan belas.

Saya juga menyadari bahwa ini merupakan kontribusi yang sangat sederhana: untuk memberikan bukti meyakinkan semua nilai dan semua makna bahwa pemahaman sejarah sejarah yang penuh dengan materialisme harus ditulis. Karena saya tidak dalam posisi untuk menulis karya itu, saya harus membatasi diri untuk perbandingan, dalam beberapa monograf, materialisme Perancis abad kedelapan belas dengan hari ini.

Dari semua perwakilan dari materialisme Perancis, aku telah memilih Holbach dan Helvetius, yang, menurut saya, yang dalam banyak hal pemikir luar biasa yang belum sepatutnya dihargai sampai hari ini.

Helvetius telah banyak waktu yang impugned, ia sering difitnah, tetapi hanya sedikit yang mau bersusah payah mencoba untuk memahaminya. Ketika saya memulai menjelaskan tulisan-tulisannya dan memberikan kritik dari mereka, aku harus mengubah tanah perawan, jika saya dapat diizinkan untuk menggunakan ekspresi. Pedoman saja aku bisa digunakan adalah komentar beberapa sepintas aku datang atas dalam karya Hegel dan Marx. Hal ini bukan untuk rne untuk menilai apa yang mengukur saya memanfaatkan yang tepat dari apa yang saya meminjam dari guru besar di bidang filsafat.

Bahkan di masa hidupnya, Holbach, yang kurang berani sebagai ahli logika dan kurang dari seorang pemikir revolusioner dari Helvetius, yang lain terkejut jauh lebih sedikit dari penulis De l'Esprit pernah melakukannya. Dia tidak takut sebanyak yang terakhir ini, ia ditahan di ketidakkasihan kurang, dan harus bermain lebih adil. Namun ia juga, hanya setengah dimengerti.

Seperti sistem filsafat modern lainnya, filsafat materialis telah memberikan penjelasan dari dua macam fenomena: di satu sisi, alam, di sisi lain, mereka perkembangan sejarah umat manusia. filsuf materialis abad kedelapan belas - paling tidak, mereka yang berdiri dekat dengan Locke - punya filsafat sejarah mereka sendiri, dalam ukuran yang sama seperti mereka punya filsafat Alam. Untuk melihat bahwa, seseorang hanya untuk membaca tulisan-tulisan mereka dengan jumlah sedikit perhatian. Oleh karena itu, para sejarawan filsafat tentu harus ditetapkan gagasan materialis Perancis 'pada sejarah, dan tunduk mereka untuk kritik seperti yang telah mereka lakukan dengan pemahaman mereka tentang Alam. Tugas tersebut, belum pernah dilakukan namun. Jadi, misalnya, ketika para sejarawan filsafat berbicara tentang Holbach, mereka biasanya hanya memberikan pertimbangan untuk de Systeme nya la Nature, di mana kerja mereka hanya menyelidiki apa pun yang memiliki pendengaran pada filosofi Alam, dan moral. Mereka mengabaikan pandangan historis Holbach, yang tersebar begitu deras di seluruh Systeme de la Alam dan karya yang lain. Tidak ada yang mengejutkan, oleh karena itu, dalam masyarakat luas tidak memiliki sedikit gagasan yang dilihat, dan memiliki kesan sama sekali tidak lengkap dan palsu Hoibach. Jika satu juga memperhitungkan thai account etika kaum materialis Perancis 'hampir selalu telah disalahartikan, itu harus diakui bahwa sangat banyak dalam sejarah materialisme Perancis abad kedelapan belas berdiri membutuhkan perubahan.

Ini juga harus ia ingat bahwa pendekatan kita telah disebutkan harus terpenuhi, tidak hanya dalam program umum dalam sejarah filsafat IHE pondok juga dalam tulisan-tulisan khusus tentang sejarah materialisme (yang kebetulan masih sedikit jumlahnya), contoh yang karya klasik dari Friedrich Albert Lange, di Jerman, dan buku oleh Jules-Auguste Prancis Soury. [1 *]

Adapun Marx, itu akan cukup untuk mengatakan bahwa baik para sejarawan filsafat secara umum maupun sejarawan materialisme khususnya telah pergi ke kesulitan atau bahkan membuat menyebutkan pemahaman materialis tentang sejarah.

Jika papan yang melengkung, distorsi dapat diperbaiki dengan lentur dalam arah yang berlawanan. Itu adalah bagaimana saya telah dibatasi untuk bertindak dalam Essays: saya telah, pertama dan terutama, untuk menggambarkan pandangan historis dari pemikir saya hadapi.

Dari sudut pandang sekolah pikir saya mendapat kehormatan menjadi anggota, "yang ideal tidak lain daripada dunia material, tercermin oleh pikiran manusia, dan diterjemahkan ke dalam bentuk-bentuk pikiran". [2 *] Siapa yang ingin menganggap sejarah ide-ide dari sudut pandang ini harus mencoba untuk menjelaskan bagaimana dan dengan cara apa ide-ide dari setiap periode telah dilahirkan oleh kondisi sosial, artinya. akhirnya oleh hubungan-hubungan ekonomi. Untuk memberikan penjelasan seperti adalah tugas besar dan mulia, yang benar-benar akan mengubah prestasi sejarah ideologi. Dalam Essay, saya telah mencoba pendekatan terhadap pemenuhan tugas itu. Namun. Aku belum mampu mencurahkan perhatian yang cukup untuk itu, dan bahwa, untuk alasan yang sangat sederhana: sebelum menjawab pertanyaan mengapa perkembangan ide-ide telah berjalan dengan cara tertentu, yang pertama harus belajar bagaimana pembangunan yang telah terjadi. Sehubungan dengan subjek ini Essay, itu berarti bahwa penjelasan mengapa filsafat materialis dikembangkan dengan cara itu dengan Holbach, dan Helvetius di abad kedelapan belas, dan dengan Marx di kesembilan belas, mungkin hanya setelah jelas menunjukkan apa yang filsafat itu dalam kenyataan yang telah begitu sering disalahpahami dan bahkan sangat menyimpang. Tanah harus dibersihkan sebelum bangunan dapat dimulai.

Beberapa kata lain. Pembaca dapat menemukan bahwa saya telah membahas panjang lebar tidak cukup dengan teori para pemikir 'dari kognisi. Untuk yang saya dapat menolak bahwa saya telah melakukan semua yang aku bisa untuk menetapkan pandangan mereka dalam hal ini dengan akurasi. Namun, karena saya tidak nomor sendiri di antara pengikut dari theoretico skolastik-kognitif yang lazim seperti hari ini, saya tidak berniat tinggal di pertanyaan ini benar-benar sekunder.

Jenewa, Hari Tahun Baru, 1896


I. Holbach - Bagian 1

Catatan

1 *. buku Friedrich Lange's Geschichte des Materialismus Kritik kapal purse seine und Bedeutung in der Gegenwart (Sejarah Materialisme dan Kritik Signifikansi Its pada Waktu Sekarang), yang muncul pada tahun 1866, adalah upaya mengkritik materialisme dari sudut pandang neo-Kantian.

Jules Soury's Breviaire de l'histoire du materialisme (Buku tentang Sejarah Materialisme), yang diterbitkan di Paris pada 1883, adalah upaya serupa.

2 *. Karl Marx, Capital, Moscow 1974, Vol.I, p.29.